Selasa, 22 Juli 2008

Pecahan Kepingan Kapal Firaun Diketemukan

Kapal Firaun yang diketemukan
Kapal Firaun yang diketemukan
Tugas rumit menanti sejumlah arkeolog yang intens meneliti peninggalan bersejarah di Mesir. Mereka bakal kembali menyusun pecahan-pecahan kapal kayu kuno yang ditemukan di dekat Piramida Giza.

Kapal supertua itu diperkirakan berumur sekitar 4.500 tahun. Para ahli meyakini bahwa kapal tersebut digunakan untuk mengantarkan Firaun saat pembangunan piramida.

Jumlah pecahan kapal yang akan kembali dirangkai mencapai 600 bagian. Menurut Profesor Sakuji Yoshimura dari Universitas Waseda Jepang, tugas rumit itu akan mulai digarap pada November. Karena bukan hal mudah, pemerintah Mesir bekerja sama dengan institusi pendidikan.

Dukungan pemerintah Negeri Matahari Terbit tidak tanggung-tanggung untuk penelitian dan restorasi arkeologi. Mereka siap mengucurkan USD 10 juta (sekitar Rp 93 miliar)

Kapal sepanjang lebih dari 43 meter tersebut ditemukan oleh seorang pekerja yang membersihkan puing-puing di bagian selatan piramida. Kapal itu merupakan kembaran kapal lain yang ditemukan pada 1954. Bagian dek berbentuk empat persegi panjang.

"Di Mesir, hampir semua hal nyata mempunyai hubungan dengan dunia spiritual. Tapi, tetap saja ada perdebatan tentang apakah kapal itu benar-benar pernah digunakan atau tidak," kata John Darnell, ahli Mesir dari Universitas Yale yang melakukan penelitian tentang kapal tersebut.

Mulai Sabtu, 19/7-2008, para wisatawan bisa melihat-lihat gambar yang menunjukkan bagian dalam kapal bersejarah itu. Gambar tersebut diambil kamera yang dimasukkan melalui lubang di atap kapal. Gambar video itu dikirimkan melalui monitor TV kecil. Penggunaan teknologi tersebut merupakan yang pertama. (jp/ly)

http://www.rileks.com/ragam/?act=detail&artid=31102006122509

Tidak ada komentar: